Wisata Edukasi SMP Labschool Jakarta

Wisata Edukasi SMP Labschool Jakarta



   Nama saya M.Omar Berlianyah,Kali ini saya akan  membuat laporan tentang Wisata Edukasi SMP Labschool Jakarta tahun 2017.
                                                                                  
Jadi,Wisata Edukasi adalah kegiatan rutin tiap tahun SMP Labschool Jakarta untuk kelas 7, kegiatan ini serupa dengan apa yang disebut Field Trip, hanya saja namanya berbeda, setiap kelompok diberi tugas membuat video tentang apa saja yang dilakukan selama Wisata Edukasi, dan setiap siswa punya tugas individu, yaitu soal soal yang berhubungan dengan tempat tempat yang dikunjungi.


   Tahun ini, kami pergi ke Puspiptek(Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) dan Taman Mini Indonesia Indah(TMII), tepatnya ke Skyworld dan Dunia Air Tawar.


 Pada pukul 7 pagi,kami berangkat dengan bus ke puspiptek, suasana busnya ramai dan gaduh namun perjalanannya seru, karena kita bisa bercanda dengan teman teman.buat yang belum tau Puspiptek adalah tempat dimana diadakan penelitian tentang banyak hal seperti penelitian teknologi dalam berbagai macam . Puspiptek sendiri merupakan singkatan dari Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan.

   Di puspiptek, kami diberi tahu apa tujuan Puspiptek dibangun, visi dan misi Puspiptek, dan sebagainya. Setelah itu, kami dipencar menjadi beberapa kelomok per kelas menuju laboratorium masing masing kelompok dimana fungsi masing masing laboratorium itu berbeda.


 Ini adalah foto bersama saat kami diperkenalkan tentang puspiptek:

 

 





  Kelompok saya pergi ke laboratorium pembuatan baterai, disitu kami dijeskan berbagai hal mengenai baterai, mulai dari kutub kutub  baterai sampai alat dan bahan pembuatan baterai serta caranya. Semuanya dijelaskan secara lengkap.

   Setelah selesai, kami bergerak dari laboratorium ke bus, kami akan menuju Taman Mini tepatnya Skyworld. Kami dibagikan makan siang yaitu KFC dan diputarkan lagu lagu berdasarkan request dari murid murid, requestnya pun macam macam, ada yang lagu pop, lagu yang bisa bikin joget, sam pai lagu dangdut .

   Setelah beberapa jam, akhirnya tiba di tujuan yaitu Taman Mini Indonesia Indah, setelah itu kami tidak langsung turun, karena tujuannya Ibadah dulu sebelum ke Skyworld, di masjid diponegoro taman mini.

   Setelah itu, kami dibawa oleh bus menuju gedung skyworld. Skyworld adalah sebuah bangunan yang isinya adalah hal hal yang mengenai luar angkasa. beberapa menit kemudian, kami tiba di Skyworld. Setelah itu, kami dibawa ke ruangan dimana kami dijelaskan tentang Skyworld,  apa fungsinya, dan sebagainya, lalu kami diberi tontonan tentang angkasa luar sana, di situ dijelaskan bahwa planet kita bukanlah satu satunya di alam semesta, kita dijelaskan pula bahwa planet planet lain sangat tida layak di huni, karena kondisinya sangat buruk dan sangat mengancam jika manusia pergi kesana.

  Disana saya merasa bersyukur karena kita(manusia) menghuni planet bumi bukan yang lain karena kondisi bumi sangat cocok bagi manusia, dan di tayangan tersebut juga dijelaskan betapa kecilnya kita dibanding planet lain, bahkan alam emesta kita, pengetahun kita tentang alam semesta itu bisa dikatakan baru beberapa langkah daruigurun yang sangat luas, setelah menikmati film dokumenter tersebut, setelah selesai menonton, kami digiring ke miniatur dari alam semesta, tepatnya galaksi kita, Galaksi Bimasakti/ Milky Way, disana kami disajikan informasi tentang galaksi kita, dan berbagai benda langit selain planet yaitu bulan, asteroid,planet kerdil,lubang hitam, dan sebagainya, dan juga legenda legenda yang berhubungan dengan astronomi.

  Dan kita terus berjalan sampai ke tempat miniatur tempat peluncuran roket dan miniatur roket serta ilmuwan ilmuwan yang berjasa baik dari bidang astronomi, fisika, dan lain lain. Jika kita terus berjalan maka kita akan sampai ke ruangan yang lebih sempit dan ada suatu ruang dimana isinya adalah teori teori konspirasi luar angkasa seperti adanya UFO yang jatuh, sampai tentang Area 51 yang misterius dan sering diduga duga tempat penelitian makhluk asing yang semua itu masih menjadi tanda tanya. Namun ada juga hal hal mengenai karakter karakter fiksi dari film film terkenal seperti Star Wars,Star Trek,dan sebagainya, juga ada grafik yang berisi seberapa banyak orang yang percaya makhluk luar angkasa maupun yang tidak.

  Keluar dari ruangan itu, kita mengantri untuk menonton rollercoaster 4D, jadwalnya meleset karena ada hal yang diluar rencana, yaitu kedatangan  sekolah lain yang membuat kita harus menunggu cukup lama sampai hampir satu jam, setelah itu kita berbaris untuk menonton rollercoaster 4D, antrinya cukup lama karena sekali penayangan bisa 15-30 menit, akhirnya para guru memberi pizza agar tidak bosan, ternyata setelah menonton, rollercoasternya tidak begitu menantang dan tidak ada cipratan air dan sebagainya, setelah itu kami beristirahan sambil makan pizza dan boleh jajan makanan atau minuman, setelah beristirahat, kami disuruh menyaksikan tayangan di plantarium raksasa yang sangat besar, saat menonton kepala kita harus keatas, di tayangan tersebut dijelaskan bahwa letak letak planet di tata surya kita, dan dijelaskan pula isi dari planet planet di tata surya kita, dijelaskan jua tentang zodiak zodiak yang ada dan bagaimana zodiak zodiak itu dikenal.

   Setelah selesai menonton, waktu menunjukkan pukul 5:30, kunjungan ke dunia air tawar dibatalkan karena cuacanya hujan deras dan waktu yang tidak memungkinkan dan diluar rencana , setelah itu, kami yang uslim ke masjid diponegoro untuk melaksanakan shalat ashar dan maghrib sekaligus karena waktu yang mepet.

   Akhirnya kami pulng sebagian besar naik bus dan sebagian lagi dijemput langsung di taman mini, saya dijemput langsung di taman mini oleh supir saya, saya sampai rumah jam 8 dengan selamat.

   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Liburan

Mengenal Angklung, Warisan Musik Tradisional Asli Sunda