Liburan 2019 Tengah

Liburan

Liburan mulai pada 28 Juni 2019, tapi untuk waktu mudik, penulis mudik saat liburan sebelum lebaran, tepatnya sebelum drama kelas berlangsung, tepatnya dimulai pada 30 Mei 2019 dan berakhir pada 13 Juni 2019, saya menghabiskan waktu bersama keluarga di kampung selama kurang lebih 7 hari, tetapi untuk perjalanan pulang pergi membutuhkan total waktu 4 hari, karena keluarga lebih memilih jalan darat dibanding pesawat.

Perjalanan dimulai pada tanggal 29 Mei malam, untuk lintas pulau dari pulau Jawa ke pulau Sumatera,perjalanan kapal membutuhkan waktu 1 jam. Kampung saya di Sumatera Barat tepatnya di Padang. Kapal berangkat dari Pelabuhan Merak sampai Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Perjalanan di pulau Sumatera baru dimulai tanggal 30 pagi / Kamis dini hari lebih tepatnya,  suasana jalanan begitu sepi dan udara terasa sejuk pada dini hari di pulau Sumatera, sangat berbeda dibanding suasana perkotaan di Jakarta, Saat mencapai akhir dari Terbangi, kota pertama yang akan dilintasi di Lintas Sumatera, kami memutuskan untuk sholat shubuh dan melanjutkan perjalanan.

Setelah itu, kami melanjutkan perjalanan ke kota ke 2 dan 3, yaitu Bukit Kemuning dan Baturaja, kami berhenti untuk shalat zuhur, dan melanjutkan perjalanan sampai 3 kota sekaligus, malamnya kami berhenti untuk beristirahat di hotel di kota Lubuk Linggau, kota ke 6. Besoknya kami melanjutkan perjalanan dan seperti biasa, berhenti saat waktu shalat, dan melewati sisa kota sebelum tiba di padang.

Saat hampir keluar dari kota terakhir sebelum Padang, yaitu Solok, rasanya lega akhirnya selesai juga jalan darat ini, karena duduk belasan jam di kursi mobil membuat tulang ekor pegal-pegal, dan satu-satunya kesempatan berbaring hanya di hotel. Aktivitas penulis sekeluarga setelah tiba di kampung adalah jalan-jalan, bersilaturahmi dengan nenek dan kakek, shalat ied bersama keluarga, dan menghabiskan sisa waktu di rumah kakek dan nenek.

Setelah kurang lebih 7 hari di kampung, penulis pun akhirnya pulang ke Jakarta dengan cara yang sama dengan pergi nya,dengan rute yang sama pula. Singkat cerita, akhirnya kami sampai lagi ke jakarta, dan beristirahat untuk 1 hari,dan melanjutkan waktu libur lebaran dan libur sekolah dirumah.
    Liburan tahun ini menurut penulis cukup seru karena ini pengalamam pertama penulis melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil, dan cukup bahagia juga bertemu dengan keluarga dan kerabat-kerabat dekat.